7 Cara Mengatasi Stres dan Cemas Berlebihan

Jakarta, Shoes and Care - Belakangan ini sering kita lihat di social media orang berbicara mengenai mental health atau kesehatan mental. Tentunya kesehatan mental dapat sangat berdampak kepada kesehatan fisik kita. Namun, kita perlu memahami dengan jelas apa yang sebenarnya kita alami atau hadapi. Karena kebanyakan orang juga tidak sadar bahwa yang terjadi pada dirinya adalah suatu situasi mental yang harus di cari solusi yang tepat.

Seringkali orang sekitar kita yang sedang mengalami sebuah permasalahan hidup mengatakan kepada kita bahwa dirinya sedang stres dan cemas Tapi apakah stres itu sendiri? Stres adalah setiap permintaan yang ditempatkan pada otak atau tubuh kalian. Peristiwa atau apa pun yang membuat kalian merasa frustasi atau gugup dapat memicunya. Sedangkan cemas atau kecemasan adalah perasaan takut, khawatir atau tidak nyaman. Meskipun dapat terjadi sebagai reaksi terhadap stres, tapi cemas juga dapat terjadi tanpa adanya pemicu yang jelas. 

Stres dan kecemasan dapat menghasilkan berbagai gejala fisik dan psikologis. Berikut gejala-gejalanya:

  • Gejala stres meliputi: pusing, ketegangan otot, masalah pencernaan, termasuk mual dan diare, sulit tidur, mudah emosi atau marah, sakit kepala, peningkatan keringat, memiliki perasaan kewalahan, gelisah, perubahan nafsu makan & detak jantung meningkat.
  • Cemas dapat memiliki gejala yang sama seperti stress, namun yang membedakannya meliputi: memiliki perasaan akan datangnya sebuah masalah besar atau malapetaka, kesemutan, mati rasa atau kebas dan brain fog (suatu sindrom dimana seseorang sulit untuk memusatkan fokus dan konsentrasi terhadap suatu hal). Bersumber dari https://www.healthline.com/

Perlu dipahami bahwa stress dan kecemasan adalah hal yang umum dialami oleh semua orang. Dalam perkembangannya ad acara yang dapat digunakan untuk membuat stres dan cemas lebih mudah dikelola.

Perhatikan bagaimana tubuh dan pikiran kalian merespons situasi yang menimbulkan stress dan cemas. Lain kali kita mengalami pengalaman yang sama, kalian dapat mengantisipasi reaksi kalian dan dengan begitu kalian tidak akan terlalu merasa tidak nyaman dan bereaksi berlebihan.

Adapun cara mengurangi stres dan cemas meliputi:

  • Membatasi konsumsi kafein atau
  • Tidur yang cukup
  • Olahraga teratur
  • Bermeditasi atau menyisihkan waktu luang untuk hobi dan aktivitas yang membuat kalian bahagia
  • Menulis catatan harian tentang perasaan kalian dan hal-hal yang memicu stres
  • Melakukan latihan pernafasan contohnya seperti yoga
  • Lebih terbuka kepada orang yang dicintai tentang perasaan kalian

Selalu berpikir positif dan terus semangat. Setiap permasalahan atau pun situasi akan selalu memiliki solusi dan jalan keluar. Hari akan berganti dan waktu akan terus berjalan. Jangan pernah berharap orang lain memberikan kebahagiaan karena kebahagiaan itu kita sendiri yang ciptakan. Cintai diri kalian ya..

 

Postingan terbaru