5 Tips yang Harus Diperhatikan Saat Traveling

Jakarta, Shoes and Care - Berwisata atau traveling saat ini menjadi salah satu cara orang untuk memberikan selfreward atau  penghargaan bagi dirinya sendiri atas kerja keras yang telah mereka lakukan dalam beberapa waktu. Berdasarkan ilmu kesehatan yang kita semua dapatkan pada masa pandemi, disaat kita merasakan stress maka secara otomatis imunitas pada tubuh kita akan menurun dan sebaliknya disaat kita merasa bahagia maka imunitas tubuh kita akan meningkat.

Untuk dapat traveling dengan tenang kita perlu memperhatikan beberapa hal :

Mempersiapkan Rencana Perjalanan, Daftar Kegiatan dan Estimasi Biaya

Jika kalian ingin berwisata kalian wajib untuk membuat rencana perjalanan, seperti kota/Negara tujuan wisata dan berapa lama akan menghabiskan waktu di tempat tujuan wisata tersebut. Lalu membuat daftar kegiatan seperti tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi dan kapan waktunya serta apa yang akan dilakukan di tempat-tempat tersebut. Tentukan biaya yang akan kalian alokasikan pada trip kalian nanti. Usahakan untuk menggunakan anggaran sesuai dengan yang telah kalian tentukan, Karena setelah perjalanan ini usai, kalian akan kembali ke rutinitas harian kalian yang tentunya tetap membutuhkan biaya. 

Siapkan Info Darurat

Ini harus memerlukan nomor kontak untuk layanan darurat setempat (polisi, pemadam kebakaran, dan ambulans) dan untuk kedutaan negara Anda (jika ada di tempat yang Anda kunjungi).

Menyimpan Barang-Barang Berharga 

Sangat penting untuk menyimpan barang-barang berharga seperti kartu identitas, kartu ATM atau SIM pada tempat yang aman. Usahakan menyimpan pada tempat yang menempel pada tubuh kalian misalnya waist bag atau pada baju yang memiliki kantung rahasia yang memiliki resleting dalam, namun sebelum menaruhnya usahakan mengecek bahwa kantung tersebut tidak berubang. Untuk barang berharga seperti kamera selalu pastikan memiliki tali sehingga dapat dikalungkan. Usahakan meminimalisir barang berharga untuk dibawa serta.

Tidak Terlalu Banyak Barang

Jangan terlalu membawa banyak barang yang sekiranya tidak terlalu kalian butuhkan. Selain meminimalisir tertinggal atau hilang, dapat mengurangi beban yang kalian bawa juga. Namun, selalu usahakan kalian membawa perlengkapan P3K.

Gunakan Pakaian dan Alas Kaki Yang Sesuai

Usahakan menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman sesuai dengan lokasi yang kalian pilih. Misalnya jika kalian ingin traveling ke daerah pantai dan udaranya cenderung panas gunakan pakaian berbahan tipis dan bawa sandal jepit agar kalian bisa nyaman bermain di tepi pantai. Jangan kalian ingin pergi ke pegunungan yang mengharuskan kalian tracking ke atas gunung kalian menggunakan sepatu lari bukan sepatu outdoor sehingga dapat membuat kalian mudah tergelincir. 

Memberi Informasi Kepada Keluarga

Wajib untuk kalian memberitahukan kepada pihak keluarga kalian atau orang tua kalian mengenai rencana wisata kalian. Lebih baik jika rencana perjalanan diinfokan juga kepada mereka sperti, kalian akan berlibur ke kota A selama 3 hari atau lebih dan akan menginap di hotel atau guesthouse B (berikan informasi lengkap tempat menginap kalian baik alamat atau pun nomor telepon). Jangan lupa untuk memberi tahu keluarga kalian transportasi yang kalian akan gunakan berikut jam keberangkatannya. Baik saat kalian berangkat mau pun pulang. Hal ini bertujuan untuk saat-saat emergency atau keadaan darurat, dengan semua informasi ini keluarga atau orang tua kalian dapat melakukan langkah penyelamatan yang tepat untuk kalian.

Jaga selalu kesehatan dan keselamatan kalian selama kalian melakukan perjalanan.

Postingan terbaru