5 Tips Terhindar Dari Hoax di Group WhatsApp

Jakarta, Shoes and Care - “Berita hoax”, sering sekali kita mendengar isitilah ini. Berita hoax atau berita bohong paling sering kita temukan pada sosial media dan pada aplikasi pesan untuk ponsel cerdas seperti whatsapp. Sudah menjadi biasa jika kita tergabung di dalam sebuah group whatsapp, maka kita sering menerima informasi-informasi atau berita seputar isu yang sedang hangat menjadi bahan perbincangan banyak orang. Namun, seringkali yang kita temukan adalah berita hoax.

Mengapa penting sekali bagi kita untuk mengetahui bahwa sebuah berita yang akan kita bagikan kepada orang lain itu berita yang valid atau itu berita hoax. Karena Menurut Pasal 28 ayat 2 undang-undang No. 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik. Pada pasal 28 ayat 2 itu berbunyi “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).” Jika berita-berita itu menimbulkan kebencian, permusuhan, dan mengakibatkan ketidakharmonisan di tengah masyarakat. Sanksinya adalah hukuman (pidana penjara) selama 6 tahun dan/atau denda RP 1 miliar.

Dengan adanya pasal perundangan yang mengatur mengenai hal ini membuat kita semua harus berhati-hati dalam membagikan sebuah berita kepada orang lain. Berikut adalah 5 tips agar anda dapat terhindar dari berita hoax.

  • Berhati-hati dengan judul provokatif 

Judul hanyalah cara seorang penulis dalam menarik perhatian pembaca. Seringkali sebuah berita hoax memiliki judul yang provokatif.

  • Biasakan untuk membaca keseluruhan isi informasi atau berita

Isi sebuah informasi atau berita hoax pada awal awal berita bisa saja diambil dari sebuah berita resmi, namun pada tengah berita tidak merujuk pada berita yang sebenarnya tapi hanya berupa rekayasa dari penulis berita.

  • Perhatikan situs sumber berita

Pastikan sebelum anda membaca sebuah informasi atau berita perhatikan link sumber berita apakah benar dan sesuai dengan situs resmi sebuah lembaga, institusi ataupun kantor berita. Karena sering kali pembuat berita hoax membuat link yang bukanlah situs resmi hanya mirip.

  • Jangan begitu saja percaya foto atau video

Belakangan ini tidak hanya berita atau informasi yang dapat merupakan berita hoax. Tapi foto atau video juga seringkali tidak sesuai dengan aslinya, tapi telah dilakukan rekayasa dengan meng edit atau melakukan perubahan di beberapa bagian dari foto atau video tersebut.

  • Selalu membaca berita dari sumber resmi

Jika anda ingin mengetahui sebuah berita atau informasi atau perkembangan sebuah berita, lebih baik jika anda membacanya dari situs resmi sebuah kantor berita atau pun situs lembaga atau institusi terkait dengan begitu informasi yang akan and abaca merupakan informasi yang terpercaya.

Beberapa cara diatas dapat membantu mengantisipasi apabila mendapatkan sebuah berita yang tidak tahu kebenarannya. Semoga bermanfaat ya

Postingan terbaru