5 Tips Agar Mudah Bangun Pagi

Jakarta, Shoes and Care - Menurut ilmu kesehatan bangun pagi sangat dianjurkan bagi kesehatan tubuh kita. Namun tidak sedikit dari kita memiliki kesulitan untuk dapat bangun pagi. Memang diperlukan keinginan besar dari diri kita sendiri terlebih dahulu untuk dapat melakukannya. Karena dengan begitu baru hal ini dapat terjadi. 

Pada kesempatan ini mari kita bahas beberapa tips dan trik agar kita mudah untuk dapat bangun pagi:

  • Mengatur rutinitas kalian seperti aktivitas mandi, pergi bekerja, bersantai, makan hingga waktu tidur dan waktu bangun tidur. Dengan mempertahankan rutinitas maka tubuh akan terbiasa dan merekam kebiasaan yang kalian lakukan setiap harinya.  
  • Tetap pada jadwal tidur yang konsisten. Cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama, bahkan pada akhir pekan. Waktu tidur dan waktu bangun, kalian sendiri yang tetapkan sesuai keinginan kalian.
  • Beberapa jam sebelum tidur, sebaiknya kalian hindari TV, layer handphone atau smartphone, laptop, bermain video game. Karena perangkat-perangkat ini memancarkan cahaya biru yang menekan melatonin, hormon yang diperlukan untuk memulai tidur. 
  • Batasi makanan dan minuman sebelum tidur. Makan besar dapat membuat anda terjaga dengan gangguan pencernaan atau mulas. Jika anda mengalami refluks asam, para ahli menganjurkan agar menghindari makan minimal tiga jam sebelum tidur. Meminum minuman baik air putih atau pun minuman lainnya pada waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur juga bisa memaksa kalian untuk bangun di tengah malam untuk buag air kecil.
  • Berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga beberapa kali seminggu dapat membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun perlu diketahui bahwa para ahli umumnya merekomendasikan untuk menghindari olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena dapat memberikan efek sulit tidur. Bersumber dari https://www.sleepfoundation.org/.

Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan membuat kita semua memiliki pola hidup yang lebih baik sehingga kita hidup lebih sehat. Yuk bisa yuk .. 

 

Postingan terbaru