5 Tahap Membedakan Sepatu Kulit Asli Dan Sepatu Kulit Sintetis!

Jakarta, Shoes and Care - Sepatu kulit merupakan jenis sepatu yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Umumnya, sepatu kulit banyak digunakan untuk acara-acara formal seperti gala dinner, press conference, hingga acara pernikahan. Namun seiring berjalannya waktu, sepatu kulit mulai banyak diaplikasikan ke berbagai jenis acara. Bukan hanya acara formal, sepatu kulit mulai digemari dan dikenakan di acara semi formal hingga acara informal. Dalam pasaran yang beredar sekarang ini, sepatu kulit ada yang terbuat dari kulit asli yang terbuat dari bahan hewani, ada juga yang terbuat dari bahan kulit sintetis. Meskipun mereka mungkin terlihat sama secara kasat mata, namun berbeda. Perbedaan antara sepatu kulit asli dengan sepatu kulit sintetis dapat kamu cermati dalam 5 tahap, yaitu mulai dari dilihat dan disentuh, pemeriksaan porositas, bau dari kulitnya, label produksi, hingga harga dan brand dari sepatu kulit itu sendiri.

Dilihat dan Disentuh

Tips membedakan sepatu kulit asli dengan sepatu kulit sintetis bisa dimulai dari pengamatan visual dan sentuhan secara langsung pada bagian permukaan sepatu. Kulit asli, biasanya, memiliki serat yang halus dan tidak seragam sehingga menciptakan tekstur alami yang berbeda-beda di berbagai bagian sepatu. Begitu juga saat disentuh, kulit asli memperlihatkan keberagaman alaminya dengan tekstur alami yang tidak teratur. Sebaliknya, kulit sintetis cenderung memiliki tekstur yang lebih seragam dan terasa lebih halus. Bagian permukaannya tampak lebih sempurna dan tidak memiliki  ciri khas tersendiri dibanding kulit asli. 

Porositas

Langkah kedua adalah pemeriksaan porositas pori-pori pada sepatu kulit. Jika perhatikan secara cermat, kulit asli cenderung menampilkan pori-pori yang teratur dan terbuka sehingga menciptakan tekstur yang kasar, alami, dan memiliki ciri khas tersendiri. Sebaliknya, pada kulit sintetis tingkat porositas pori-porinya sering kali tidak terlihat atau kurang teratur. Pori-pori yang kurang teratur ini menciptakan permukaan sepatu yang lebih halus dan seragam. Dengan memahami karakteristik porositas ini, kamu mulai dapat mengidentifikasi ada perbedaan antara kulit asli atau kulit sintetis. 

Bau Karakteristik

Langkah ketiga yang bisa kamu lakukan untuk membedakan mana sepatu kulit asli dan sepatu kulit sintetis adalah melalui bau karakteristik dari bahan kulit tersebut. Kulit asli memiliki bau alami khas yang dapat muncul seiring jangka waktu penggunaan. Walaupun aroma ini mungkin tidak begitu terasa pada sepatu baru, seiring pemakaiannya bau kulit alami akan mulai muncul perlahan. Bau inilah yang menciptakan sisi otentik dari sepatu kulit asli.

Sedangkan, sepatu kulit sintetis cenderung tidak memiliki bau alami seperti kulit asli. Bau yang dihasilkan oleh sepatu sintetis lebih bersifat bau kimia ataupun plastik. Jika digunakan terus menerus akan tetap beraroma sama. 

Label Tanda Produksi 

Untuk membedakan sepatu kulit asli dan kulit sintetis, kamu bisa memeriksa label atau tanda produksi yang disertakan oleh produsen sepatu tersebut. Pada sepatu kulit asli, produsen sering mencantumkan label kata-kata seperti "genuine leather" atau "100% leather" sebagai indikasi keaslian bahan kulit yang digunakan. Sebaliknya, sepatu kulit sintetis mencantumkan penggunaan bahan-bahan sintetis seperti "synthetic leather" atau "man-made materials". 

Harga dan Brand

Langkah terakhir dan yang paling penting adalah harga dan brand dari sepatu kulit itu sendiri. Sepatu dari kulit asli cenderung memiliki harga yang lebih tinggi karena proses produksi yang lebih rumit dan bahan baku yang mahal. Brand-brand terkemuka seringkali menggunakan kulit asli untuk produk-produk mereka untuk mempertahankan kualitas dan menonjolkan sifat “luxury”.

Di sisi lain, sepatu kulit sintetis memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan sepatu kulit asli. Walaupun ada beberapa brand yang menawarkan sepatu kulit sintetis dengan harga yang bervariasi, harga yang lebih rendah dibandingkan sepatu kulit asli dapat menjadi sebuah indikasi bahwa sepatu tersebut mungkin terbuat dari kulit sintetis. 

Nah, itulah 5 tips bagaimana membedakan antara sepatu kulit asli dengan sepatu kulit sintetis. Kalau kamu, lebih suka sepatu kulit yang kaya gimana? Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Postingan terbaru