5 Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran

Jakarta, Shoes and Care - Hadiah sepatu dari teman atau keluarga atau pun membeli sepatu online sering membuat ukuran sepatu tidak sesuai. Beragam cara sering digunakan untuk dapat tetap menggunakan sepatu tersebut. Namun, jika cara yang kita gunakan salah ternyata dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada kaki kita. Contohnya menggunakan kaos kaki tebal. Menggunakan kaos kaki tebal pada suhu udara yang panas dapat menyebabkan kaki berkeringat, bau tidak sedap yang berakhir pada tumbuhnya jamur pada kaki.

Untuk menghindari pemilihan cara yang kurang tepat dalam mengatasi sepatu yang kebesaran, berikut 5 pilihan cara yang dapat anda sesuaikan dengan kenyamanan anda.

  • Gunakan Koran atau Busa

Walaupun koran atau busa, sangat mudah untuk ditemukan. Ingat cara ini adalah cara untuk jangka waktu yang pendek. Hanya untuk sementara hingga anda dapat membeli ganjalan sepatu yang tepat. Ganjalan sepatu yang tidak tepat dapat berakibat kurang baik pada kuku kaki dan dapat menimbulkan lecet pada kaki.

  • Menambahkan Insole

Insole merupakan salah satu cara untuk mengatasi sepatu yang kebesaran. Insole adalah bagian dari sepatu yang terletak pada pijakan untuk mengatasi postur tubuh saat menggunakan sepatu. Dibuat dan dibentuk sesuai dengan bentuk tapak kaki. Terbuat dari beberapa bahan, ada yang terbuat dari busa empuk, silicon atau gel. Insole pun memiliki 3 jenis dan keunggulan, yaitu :

  1. Athletic Insole : Ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran kaki pemakai layaknya ukuran sepatu dari ukuran 36-45 dan dapat dipakai dari remaja hingga dewasa.
  2. Cushioned insole/Toe Pad : Merupakan alas kaki sepatu bagian depan dan tidak ada panduan ukuran, sehingga dapat digunakan pada ukuran sepatu berapa pun.
  3. Orthopedic Arch Support/Insole Flat Foot Correction : Dapat mengurangi stress dan nyeri pada cekungan kaki anda. Banyak ditemukan terbuat dari silicon atau gel.
  • Menggunakan Heel Grip

Heel grips adalah ganjalan sepatu yang disematkan di bagian dalam di posisi belakang pergelangan kaki guna menghindari terjadinya  lecet serta membuat kaki lebih terasa nyaman, namun tetap terlihat elegan. Heel grip banyak digunakan pada sepatu wanita seperti sepatu hak tinggi, flat shoes atau pun boots yang kebesaran. 

  • Shoe Tape

Cara menggunakan shoe tape juga dapat menjadi pilihan bagi para wanita dalam mengatasi jenis sepatu wanita yang kebesaran. Shoe tape  dapat menghindari wanita dari terpeleset karena tumit yg berpindah atau tergelincir ke arah depan. Tapi tidak dapat berfungsi untuk penggunaan pada sepatu olahraga.

  • Gunakan Gel Khusus Pengisi Sepatu

Kita dapat menggunakan gel pengisi sepatu yang dapat dipergunakan sebagai pengisi ruang sepatu. Gel ini dapat dipergunakan di berbagai jenis sepatu dan nyaman untuk digunakan.

 

Postingan terbaru