5 Cara Mengatasi Masalah Dengan Baik dan Benar

Jakarta, Shoes and Care - Manusia memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dalam menjalani proses hidupnya, seluruh manusia di muka bumi ini akan memiliki masalah tanpa memandang umur, jenis kelamin, status, agama atau pun ras. Namun dengan karakter yang berbeda lah manusia satu dan yang lainnya akan memiliki pandangan yang berbeda serta cara mengatasi masalah yang berbeda. Pada kesempatan ini mari kita bahas bagaimana cara kita mengatasi masalah dengan cara yang baik dan benar. 

  • Sadar dan Penerimaan Masalah

Penting bagi kita untuk menyadari terlebih dahulu bahwa kita memiliki sebuah masalah. Setelah kita menyadari, maka Langkah selanjutnya adalah menerimanya. Karena disaat ada rasa tidak dapat menerima, kita akan mengalami pergulatan didalam hati kita yang dapat mempengaruhi kejernihan berpikir kita.

  • Pemahaman Masalah

Setelah menyadari dan menerima bahwa kita sedang memiliki masalah. Kita perlu untuk dapat mencerna dan memahami bagaimana masalah ini dapat terjadi. Pemahaman akan masalah ini memerlukan adanya diagnosa terhadap suatu kejadian. Kita perlu memiliki banyak informasi agar dapat memahami suatu permasalahan secara menyeluruh dan utuh.

  • Fokus Pada Solusi

Mungkin kita akan merasa terpuruk atau sedih atau kecewa. Itu wajar, namun kita harus mengetahui kapan kita berhenti untuk mengasihi diri sendiri dan melanjutkan langkah selanjutnya untuk fokus mencari solusi atau jalan keluar dari permasalahan yang kita miliki. Untuk dapat fokus dengan baik tentunya kita harus mengatur emosi kita, sehingga kita dapat menemukan solusi terbaik dan logis. 

  • Bersikap Tenang

Tentunya seseorang yang sedang memiliki masalah pikirannya serta hatinya akan merasakan gelisah. Namun, janganlah membuat keputusan secara tergesa-gesa dan hanya dengan mengikuti emosi semata. Dipastikan keputusan tersebut tidak akan tepat dan dapat menambah masalah baru. Kita harus berupaya untuk tenang dengan cara menenangkan diri sesaat, sehingga kita dapat berpikir jernih.

  • Jangan Banyak Mengeluh dan Lakukan Sesuatu

Disaat kita di tegah masalah, usahakan jangan banyak mengeluh. Bawalah keluhan kalian dalam ibadah atau doa untuk dapat segera menyelesaikan masalah ini, begitu akan lebih baik. 

Masalah bukanlah sesuatu yang harus kalian takuti, namun harus kalian hadapi dan lewati. Yakinlah setiap masalah akan selalu ada jalan keluar dan hikmah pelajaran yang dapat memperkaya ilmu kehidupan kita. Tetap berpikir positif ya..

Postingan terbaru