4 Tips Merawat Sepatu Boot Motocross

Jakarta, Shoes and Care - Olahraga motocross merupakan olahraga extreme yang sangat digemari beberapa orang. Maka itu dalam melakukan olahraga ini wajib menggunakan alat pelindung diri yang lengkap baik dari ujung kepala hingga ujung kaki. Karena resiko olahraga ini langsung kepada tubuh kita. Salah satu alat pelindung diri bagi kaki adalah sepatu. Sepatu boot tinggi yang juga menutupi serta melindungi tulang kering pada kaki perlu mendapatkan perawatan agar tahan lama dan awet.

Berikut 4 tips bagaimana merawat sepatu boot motocross:

  • Pertama dan termudah adalah membersihkan kotoran dari sisi luar sepatu boot terlebih dahulu. Gunakan sikat halus atau kalian dapat gunakan sikat gigi dan siapkan seember air yang telah diberikan sabun pembersih sepatu. Sikat ke arah bawah, bersihkan kotoran dari semua lipatan atau sela yang terdapat pada sepatu. Jangan gunakan bahan kimia keras seperti pemutih pakaian karena dapat merusak plastik, kulit sepatu dan lapisan dalam sepatu. Kalian juga perlu menghindari penghilang noda minyak. Karena penghilang noda minyak atau yang sering disebut de-greaser to remove oil stains biasanya terbuat dari bahan kimia keras yang tidak bersahabat dengan bahan kulit dan plastik. Yang jika digunakan makan dapat merusak sepatu boot kalian rusak dengan cepat. Akan lebih baik jika kalian menggunakan pembersih khusus untuk sepatu boot motor seperti Mastersons moto boots leather cleaner yang memang memiliki formula yang ramah untuk membersihkan bahan kulit, karet dan kulit.
  • Kedua adalah membersihkan sisi bagian dalam sepatu yang tentunya telah melewati petualangan alam yang luar biasa, hingga seringkali sepatu masuk tenggelam ke dalam air yang sangat kotor. Air kotor yang bercampur dengan keringat kaki dapat membuat keadaan dalam sepatu luar biasa kotornya. Adapun cara jitu untuk menghilangkan bau tidak sedap dari dalam sepatu yaitu langsung dicuci menggunakan sabun cuci sepatu lalu kemudian dikeringkan pada tempat yang terbuka sampai dipastikan kering dan tidak ada sisa lembab bagian dalam sepatu dan tidak lupa gunakan parfum sepatu.
  • Ketiga, bagaimana menyimpan sepatu motocross. Setelah sepatu dicuci dan dikeringkan, sepatu harus disimpan di tempat kering yang bebas serangga dan hewan. Jangan menyimpan sepatu di Gudang karena laba-laba, ular atau hewan lainnya dapat menganggap sebagai tempat yang lembut dan hangat untuk hidup dan berkembang biak. Jangan juga meninggalkan sepatu di tempat yang terus-menerus terkena sinar matahari karena sinar matahari yang terus-menerus akan merusaknya secara perlahan.
  • Keempat, merupakan cara memelihara buckle pada sepatu. Untuk sepatu boot motocross berfungsi secara optimal disaat berkegiatan optimal maka buckle pada sepatu harus berfungsi 100% baik dan harus memiliki kualitas yang sangat baik. Saat buckle terkena basah dan kotor serta tidak dirawat, buckle akan semakin sulit untuk digerakan dan dijepit pada tempatnya dan perlahan akan menimbulkan korosi. Setelah mencuci sepatu, semprotkan buckle dengan RP&, WD40, semprotan silicon atau jenis semprotan pelumas apa pun yang kalian miliki. Ini akan mengusir air dan menjaga buckle agar tidak tersangkut dan memperpanjang umur buckle. Bersumber dari https://themotocrosslife.com/

Semoga bermanfaat. Jika kalian memiliki sepatu boot motocross yang ingin dibersihkan setelah aktivitas dan ragu melakukannya sendiri, percayakan pencucian dan perawatan sepatu trail motocross kalian pada Shoes And Care yang selalu memberikan garansi pada setiap pelayanannya.

Postingan terbaru