4 Tips Menjaga Kesehatan Ditengah Musim Hujan

Jakarta, Shoes and Care - Belakangan ini hujan sering sekali mengguyur hampir seluruh kota di Indonesia. Banyak sekali orang-orang di sekitar kita yang terkena batuk atau flu. Hal itu sering sekali terjadi karena di saat musim hujan, kerapkali membuat tubuh cenderung lebih mudah terserang penyakit. 

Jangan sampai musim hujan membuat kita jatuh sakit. Untuk itu berikut 4 tips untuk menjaga kesehatan kita ditengah musim hujan : 

  • Usahakan Tubuh Selalu Hangat

Selama musim hujan dan udara di luar yang tidak sehangat biasanya. Gunakan jaket atau sweater untuk menjaga tubuh anda selalu dalam keadaan yang hangat. Jika anda bekerja di ruangan ber AC maka usahakan makan dan minum minuman yang dapat menghangatkan tubuh anda. 

Selalu sedia payung atau jas hujan, Jika hujan turun, usahakan anda menggunakan payung atau jas hujan sehingga kepala serta tubuh anda dapat terlindung dan tidak terlalu basah. Cepat lepas atau ganti pakaian anda jika pakian anda basah.

  • Konsumsi Vitamin C dan Jaga Makan

Kita membutuhkan daya tahan tubuh yang terjaga selama musim hujan. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dapat menjaga daya tahan tubuh kita dan mudah dijumpai pada sayuran dan buah-buahan, sehingga sangat penting untuk kita konsumsi. Selain itu perlu diketahui bahwa musim hujan membuat bakteri dan kuman mudah tersebar karena suhu yang dingin, penyakit infeksi menular menjadi lebih banyak terjadi. Maka kita perlu memperhatikan sumber makanan kita. Pilih tempat makan yang bersih dan layak. Jika ragu sebaiknya hindari. Selalu usahakan makan tepat waktu.

  • Segera Mandi dan Keramas Setelah Kehujanan

Anda perlu mengetahui  bahwa partikel polusi pada udara ada pada air hujan, yang tentunya kita tidak dapat menjamin kebersihannya. Selain itu, air hujan juga dapat membuat tubuh kita kedinginan. Mandi dan keramas dengan air hangat dapat menjadi solusi yang baik bagi anda.

  • Tidur Cukup dan Tidak Begadang

Tidur adalah fase di mana tubuh dapat memperbaiki daya tahan tubuh dan juga dapat membantu meningkatkannya disaat sedang dalam kondisi menurun. Sedangkan begadang, merupakan kondisi di mana tubuh dipaksa untuk tetap bekerja dan terjaga, sedangkan malam merupakan waktu istirahat terbaik bagi seluruh organ tubuh kita. Untuk usia 18-40 tahun atau dapat dikatakan orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap hari. Tidur di pagi hari setelah begadang tidak dapat menggantikan tidur di malam hari. Maka usahakan untuk tidur yang cukup selama masa musim hujan untuk menjaga daya tahan tubuh kita tetap dalam kondisi yang fit.

 

Postingan terbaru