4 Tips Memilih Sepatu Basket yang Perlu Diperhatikan

Tips Memilih Sepatu Basket - Apakah kamu hobi bermain basket? Item yang satu ini tidak boleh terlewatkan. Sepatu basket dibuat khusus untuk bermain basket yang mana dapat melindungimu dari cidera saat bermain. Menariknya, pemilihan sepatu basket dapat berdampak dalam permainan di lapangan. Faktanya, banyak sepatu basket dengan banyak merek-merek di pasar yang ada. Lalu, bagaimana cara memilih sepatu basket yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan? Simak tipsnya berikut.

1. Pilih sol yang kaku dan kesat

Untuk mengetahui ini tidak mungkin kamu mencoba satu persatu sepatu yang ada di toko, sebaiknya coba cari review mengenai sepatu basket yang akan kamu beli. Alasan memilih sol yang kaku dan kesat adalah sol yang kaku akan memberikan daya tahan tinggi terhadap gerakan intens. Sementara, sol yang tidak licin akan memungkinkan Anda berakselerasi dari teknik offense ke defense dan sebaliknya dengan leluasa.

2. Lebihkan 1 cm dari ukuran kaki kamu 

Permainan basket cenderung memiliki tempo yang sangat cepat, apabila sepatu kamu berukuran sesuai ukuran kamu dan tidak dilebihkan 1cm, maka akan berpotensi untuk merusak jari-jari kamu dan akan lecet hingga cidera. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan bentuk kaki Anda karena bentuk kaki setiap orang berbeda-beda. Bahkan, atlet basket pun belum tentu menemukan sepatu yang pas dengan lebar dan punggung kakinya. Jadi, pilihlah sepatu yang pas dengan bentuk kaki Anda ketimbang hanya memperhatikan desainnya saja.

3. Pilih sepatu berdasarkan posisi kamu bermain

Memilih sepatu basket berdasarkan posisi sangat penting untuk menunjang permainan di lapanagan. Misalnya buat kamu yang menempati posisi Guard dan Forward, kami rekomendasikan untuk memakai sepatu seringan mungkin dan memiliki cengkeraman kuat. Hal tersebut dikarenakan posisi ini memerlukan kelincahan untuk bergerak secara agresif, seperti men-dribble atau blocking tembakan. Sepatu yang ringan dengan cengkeraman kuat akan mempermudah gerakan kamu menjadi lebih gesit dan agresif. 

4. Pilihlah sepatu yang keluaran dari produsen Asia bila digunakan untuk anak-anak

Baru mendengar informasi ini? Mungkin informasi ini sangat unik. Faktanya, orang Indonesia memiliki bentuk kaki melebar. Jadi, bagi anak-anak yang hendak membeli sepatu basket, disarankan untuk memilih merek lokal atau merek keluaran negara Asia. Hal ini disebabkan produk lokal atau merek keluaran Asia memiliki bentuk yang sesuai dengan kaki orang Indonesia. Memang banyak produk keluaran luar negeri tampak stylish dan berdesain menarik. Namun, bisa jadi Anda agak kesulitan menemukan bentuk sepatu yang pas dengan kaki orang Indonesia yang cenderung melebar.

Bagaimana masih bingung untuk memilih sepatu basket dengan benar? Apabila sepatu basket kamu ingin dicuci, silahkan drop sepatu anda di SAC terdekat untuk mendapatkan perawatan terbaik.

 

Postingan terbaru