4 Tips Membersihkan Sepatu Berbahan Mesh

Jakarta, Shoes and Care - Walaupun sepatu berbahan mesh terkenal dengan kualitasnya yang memiliki daya tahan yang lama, namun tentunya sepatu ini juga memerlukan perawatan agar selalu tampil maksimal dalam segala kesempatan. Jika kita membeli sepatu dengan berbahan mesh, sewaktu kita telah mengeluarkannya dari box pasti kita ingin langsung mengenakannya. Resiko yang tidak dapat terhindarkan adalah debu, kotoran, lumpur atau pun noda membandel. 

Membersihkan sepatu berbahan mesh teratur secara berkala dapat membuat sepatu tampil bersih dan wangi.

Berikut tips membersihkan sepatu berbahan mesh yang aman dan tanpa merusak sepatu:

  • Gunakan Sikat Halus

Bersihkan kotoran dari sol luar, sol tengah dan bagian atas sepatu menggunakan sikat sepatu yang kering dan berbulu halus. Jika kalian tidak memiliki sikat khusus sepatu, tidak masalah. Sikat cadangan yang kalian miliki di rumah dapat kalian gunakan dengan memastikan sikat tersebut berbulu halus dan dalam keadaan bersih. Bukan tanpa alasan menggunakana sikat halus, bila menggunakan sikat kasar tentu berpotensi merusak material sepatu. 

Membersihkan sepatu berbahan mesh dengan cara menyikatnya dengan menggunakan sikat berbulu halus yang kering dapat dilakukan setiap kali setelah kalian mengenakannya dan sebelum menaruhnya di tempat penyimpanan sepatu.

  • Menggunakan Cairan Pembersih Khusus Sepatu

Jika kalian ingin membersihkan noda yang melekat atau kotoran membandel yang melekat pada bahan mesh, gunakanlah cairan pembersih khusus sepatu. Untuk menghindari bahan sepatu rusak atau menguning. Caranya yaitu siapkan air dan cairan pembersih khusus sepatu, kemudian celupkan sikat yang sudah disediakan kedalam air dan berikan cairan pembersih sepatu, lalu gosok perlahan ke bagian upper sepatu. Lakukan berulang selama noda masih terlihat. Jika langkah pencucian bagian upper sudah selesai langsung bersihkan sisa pembersih menggunakan microfiber dan berlanjut ke pencucian di bagian lain pada sepatu.

  • Mencuci Tali Sepatu Menggunakan Tangan

Lepaskan terlebih dahulu tali sepatu dari sepatu, lalu oleskan larutan pembersih lembut pada tali sepatu. Pijat tali sepau dengan tangan, bilas, lalu keringkan tali sepatu dengan cara di angin-anginkan.

  • Mencuci Bagian Midsole dan Outsole

Jangan terlalu lama mendiamkan kotoran atau noda pada sepatu. Cepat cuci sepatu jika terkena kotoran atau noda, karena jika terlalu lama didiamkan kotoran atau noda tersebut akan lebih sulit untuk dibersihkan. Oleskan cairan pembersih khusus sepatu ke sikat khusus sepatu berbulu halus atau sikat gigi berbulu halus. Bersihkan outsole dan midsole secara menyeluruh, bersihkan setiap bagian sol. Lalu keringkan dengan kain lembut seperti kain microfiber. Usahakan kain tersebut bersih dan tidak luntur atau gunakan kain berwarna putih. Jangan lupa untuk melepaskan tali sepatu terlebih dahulu dari sepatu sebelum membersihkannya. Dan pastikan sepatu dalam keadaan kering sempurna secara keseluruhan sebelum memasukannya kembali ke dalam tempat penyimpanan.  

Jika kalian ragu untuk mencuci sepatu berbahan mesh yang kalian miliki, bawa saja sepatu kesayangan kalian ke Shoes And Care terdekat. Shoes And Care akan memperlakukan sepatu kalian secara profesional dan selalu memberikan garansi pada setiap pelayanannya.

 

Postingan terbaru