4 Tips Bermain Sepatu Roda

Jakarta, Shoes and Care - Belakangan ini sepatu roda kembali diminati. Banyak fasilitas bermain sepatu roda yang mulai bermunculan. Seperti Moja Museum di area Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Ternyata tempat ini tidak seperti museum lainnya. Museum ini membuat terobosan dengan menggabungkan seni, pencahayaan serta lintasan bermain sepatu roda pada satu tempat yang sangat instagramable

Untuk kita dapat memulai bermain sepatu roda ada beberapa tips :

  • Memakai Alat Pelindung

Kita harus menjaga keamanan diri kita dengan memakai helm, sarung tangan, pelindung siku, pelindung dengkul dan jika perlu menggunakan celana dengan bantalan untuk menjaga tulang ekor kalian jika terjatuh. Jangan malas untuk menggunakan pengaman dan pelindung, untuk dapat menjaga kalian dari resiko cedera. Karena bermain sepatu roda memiliki resiko cedera.

  • Menyesuaikan Diri Dengan Sepatu Roda

Setelah mengenakan seluruh alat pelindung diri. Kalian perlu melatih kesimbangan tubuh kalian disaat menggunakan sepatu roda. Karena kunci dalam bermain sepatu roda adalah keseimbangan, dengan memiliki keseimbangan maka akan kalian akan mampu mengontrol sepatu roda kalian dan dapat terhindar dari terjatuh atau tergelincir.

Cara untuk menjaga keseimbangan tubuh kalian setelah menggunakan sepatu roda adalah :

  1. Pertama-tama, tentunya kalian memakai sepatu roda kalian dalam posisi duduk. Usahakan safety lock atau tali sepatu terikat dengan baik dan kencang. Perhatikan tali pada sepatu roda untuk tidak terlalu panjang sehingga dapat tersentuh oleh roda atau tidak terlepas sewaktu kalian mulai berjalan.
  2. Kedua, sewaktu duduk kalian latih kaki kalian untuk memahami cara menggerakkan kaki kalian untuk dapat mengerem. Jika kalian menggunakan inline skate atau rollerblade posisi rem akan terdapat pada sisi belakang sepatu. Sedangkan jika kalian memakai sepatu roda klasik dengan empat roda berjajar membentuk segi empat di bawah sepatu maka rem akan terdapat pada posisi depan sepatu.
  3. Ketiga, belajar untuk dapat berdiri dari posisi duduk ke posisi berdiri secara perlahan. Rentangkan kaki kalian selebar bahu disaat ingin berdiri sambal perlahan berdiri. Untuk awal minta bantuan orang lain untuk memegang kedua tangan kalian sebagai poros. Rasakan titik keseimbangan diri kalian. Lakukan proses duduk dan berdiri berulang hingga kalian dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ingat postur tubuh kalian menjadi titik kunci dari keseimbangan yang kalian cari. Pada awal berdiri, reaksi otot-otot pada tubuh kalian akan memicu sepatu roda kalian untuk bergerak. Tidak perlu khawatir, jika kalian harus terjatuh atau tergelincir selama kalian telah menggunakan alat pelindung.
  • Belajar Berjalan Menggunakan Sepatu Roda

Untuk dapat belajar berjalan, terlebih dahulu mejaga keseimbangan dengan membentuk postur tubuh kita menjadi posisi jongkok dan tubuh seikit condong ke sisi depan. Gunakan tumit bersama dengan jari-jari kaki kedua kaki kalian menekan. Dengan mebentuk pola V dari posisi awal kalian sebelum berjalan perlahan lahan ke arah depan kanan, kemudian arah depan kiri dan seterusnya secara bergantian. Hingga kalian dapat melaju ke arah depan. Untuk berhenti gunakan rem pada sepatu roda kalian. Terus berlatih hingga kalian dapat menemukan kenyamanan berjalan di atas sepatu roda dan dapat menghentikan laju sepatu roda kalian dengan baik. Setelah kalian cukup percaya diri, mulailah mencoba bergerak lebih cepat dan ambil langkah lebih panjang. Dorong lebih keras pada roda sehingga kalian dapat melaju lebih jauh pada setiap langkahnya.

  • Jangan Malu Untuk Meminta Bantuan Orang Lain atau Menggunakan Alat Bantu

Sebagai langkah awal disaat kalian masih menjadi pemula, jangan malu untuk meminta bantuan orang lain dalam proses kalian beradaptasi mengatur postur tubuh kalian dan keseimbangan tubuh kalian dengan berpegangan dengan orang lain. Atau jika dalam proses kalian belajar berjalan menggunakan sepatu roda jangan takut atau merasa malu untuk berpegangan pada objek-objek di sekitar kalian. Berlatihlah secara konsisten maka tubuh kalian akan memiliki refleks menjaga keseimbangan dengan baik dan kalian dapat terbiasa berjalan serta bergerak menggunakan sepatu roda.

 

Postingan terbaru