4 Cara Merawat Sol Sepatu Agar Tetap Awet

Jakarta, Shoes and Care - Kebanyakan dari kita tentunya sangat mencintai sepatu yang kita miliki dan berharap dapat menggunakannya pada waktu yang lama. Bagaimana cara kita dalam merawat sepatu kesayangan kita, salah satunya adalah dengan cara merawat bagian sol sepatu dengan baik. Sol sepatu merupakan salah satu bagian penting pada sepatu. Sol pada sepatu merupakan salah satu sisi sepatu yang menjaga keamanan serta kenyamanan telapak kaki kita disaat kita menggunakan sepatu. Namun, seringkali cara kita memperlakukan sepatu kita, malah membuat umur kelayakan sepatu kita malah pendek. Berikut adalah 4 cara merawat sol sepatu kita agar tetap awet :

  • Menentukan Sepatu yang Tepat Pada Setiap Aktifitas

Karena beragamnya jenis sol pada sepatu. Kita harus dapat menentukan sepatu yang tepat pada aktifitas yang akan kita jalani. Contohnya pada saat kita melakukan melakukan tracking di gunung sebaiknya kita menggunakan sepatu outdoor yang memiliki jenis sol sepatu thermo plastic ruber. Bahan sol satu ini memang memiliki kemampuan traksi yang sangat baik, tahan lama dan mampu bertahan dalam menghadapi permukaan yang kasar. Jika kita menggunakan sol berbahan ethyl vynil-acetate (EVA) /Phylon atau rubber sole yang sering terdapat pada sepatu lari atau sepatu basket untu tracking gunung dengan permukaan tanah dan berbatu tentunya merupakan pilihan yang tidak tepat, hal tersebut dapat memperpendek umur sol sepatu yang kita miliki. Karena sepatu lari dan sepatu basket tidak di desain untuk permukaan keras dan berbatu. 

  • Jangan Jemur Pada Terik Matahari

Jika sepatu kalian basah jangan pernah menjemur sepatu kalian di bawah paparan sinar matahari. Karena dengan menjemur di bawah paparan sinar matahari dapat menyebabkan lem perekat pada bagian sol sepatu kalian akan menjadi kering dan cepat mengelupas. Selain itu sol karet pada sepatu kalian mengering dan mudah hancur. Jika kalian ingin mengeringkan sepatu kalian yang basah cukup di angin-anginkan saja di dalam ruangan yang tidak terpapar sinar matahari.

  • Jangan Rendam Sepatu

Alih-alih ingin membuat sepatu kalian menjadi bersih, merendam sepatu kalian dalam air malah dapat memperpendek umur sepatu kalian. Dengan merendam sepatu kalian akan dapat membuat sepatu kalian lembab dan berjamur. Selain itu lem pada sol sepatu kalian dapat berkurang daya rekatnya. 

Jika kalian ingin membersihkan sepatu kalian cukup gunakan cleaner sepatu yang dapat kalian beli di toko sepatu dan gunakan sikat sepatu. Celupkan sikat sepatu pada cleaner sepatu kalian dan gosok perlahan pada bagian yang bernoda. Namun, jika kalian merasa kalian tidak memiliki keahlian atau teknik yang benar untuk membersihkan sepatu kalian. Baiknya percayakan saja pada jasa-jasa pencucian sepatu profesional tentunya di Shoes And Care

  • Simpan Sepatu Dengan Silica Gel

Dalam menyimpan sepatu kalian di dalam box, perlu diingat beberapa hal diantaranya. Selalu masukan silica gel pada box penyimpanan sepatu kalian. Karena dengan menggunakan silica gel dapat menjaga sepatu tetap kering dan terhindar dari jamur.

 

Postingan terbaru