4 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Jakarta, Shoes and Care - Kesehatan mental sangat penting untuk selalu dijaga pada setiap tahap kehidupan, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, dewasa dan lanjut usia. Setiap orang wajar jika memiliki salah satu fase kehidupan mengalami suatu masalah yang berdampak pada kesehatan mental. Karena banyaknya orang saat ini yang membicarakan mengenai kesehatan mental, menandakan bahwa banyak orang yang mulai peduli dengan kesehatan mental. 

Ada sejumlah perilaku yang menandai bahwa kita mengalami permasalahan secara psikologis. Jika mengalami satu atau beberapa perasaan atau perilaku berikut dapat menjadi tanda awal kemungkinan adanya gangguan pada kesehatan mental kita :

  1. Adanya gangguan atau perubahan pola tidur atau pola makan (dapat berkurang atau pun berlebihan).
  2. Sulit untuk fokus, menjadi mudah lupa sehingga terjadi penurunan kualitas hidup secara bermakna baik kehidupan di kantor, penurunan fungsi kehidupan sebagai ibu rumah tangga, atau pun turunnya nilai akademik pada diri seorang peserta didik.
  3. Banyak keluhan fisik seperti pusing, leher kaku, sesak, badan linu, perut panas, lemas, mual, dll. Jika minum obat membaik tetapi kambuh lagi jika kita dalam keadaan sedang stress.
  4. Overthingking atau berpikir secara berlebihan, cemas, khawatir yang berlebihan, takut, gelisah atau bingung.
  5. Emosi menjadi labil, mudah marah, jengkel atau sedih.
  6. Melukai diri sendiri, membanting barang dan berteriak.
  7. Menarik diri dari lingkungan sosial, keluarga dan aktifitas sehari-hari.
  8. Mudah Lelah, tidak punya semangat dan mudah putus asa.
  9. Merokok dan minum alkohol berlebih dari biasanya sampai menggunakan obat-obatan terlarang.
  10. Hubungan dengan keluarga atau teman terganggu.

Untuk menghindari kita jatuh kepada keadaan kesehatan mental yang kurang baik, maka kita dapat menjaga kesehatan mental kita dengan melakukan beberapa hal seperti di bawah ini : 

  • Sayangi dan hargai diri kalian, seperti layaknya kalian menyayangi dan menghargai orang lain. Serta perlakukan diri kalian sebaik kalian memperlakukan orang lain yang kalian sayangi.
  • Selalu berusaha berpikiran positif dalam segala situasi dan kondisi.
  • Selalu mensyukuri segala hal yang dimiliki agar kita dapat menerima dan mencintai diri sendiri.
  • Lakukan lifestyle yang baik dan seimbang, seperti makan makanan sehat, olah raga rutin, tidur cukup serta melakukan kegiatan berdasarkan minat dan hobi yang dimiliki misalnya menulis buku harian, berjalan-jalan, bercocok tanam, melukis atau berbincang-bincang dengan keluarga atau teman. Karena dengan melakukan kegiatan tersebut akan membantu kita dalam mengelola stress dengan baik.

Postingan terbaru