3 Upaya Pencegahan Jamur Yang Sering Timbul Pada Sepatu

Jakarta, Shoes and Care - Pada umumnya sepatu berjamur disebabkan kelalaian dalam merawat sepatu, yang dapat mengakibatkan sepatu berjamur bahkan menjadi rusak. Jamur sering sekali timbul pada sepatu, salah satunya yakni kelembaban lingkungan atau menempatkan sepatu pada posisi yang terlalu tinggi. Diketahui Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kelembaban sangat tinggi hingga mencapai 70%. Pasalnya kelembaban yang baik untuk sepatu adalah 30-50%.

Bagaimana upaya mencegah terjadinya jamur? Seperti judul di atas, kita akan membahas terkait upaya apa saja yang dapat kita lakukan agar jamur tidak timbul di sepatu.

Penggunaan Silica Gel

Pasti dari kalian sering menemukan benda kecil berisikan butir-butiran di dalam kotak sepatu yang baru saja kalian beli? Ya, benar itu dinamakan silica gel. Banyak yang beranggapan bahwa silica gel tidak ada gunanya. Maka banyak dari kita yang membuangnya karena tidak tahu kegunaannya. Untuk kalian yang sering melakukannya, ada baiknya tetap disimpan dan diganti secara berkala. Silica gel merupakan salah satu upaya pencegah terjadinya jamur pada permukaan sepatu.

Hindari Menyimpan Sepatu Ketika Lembab Atau Basah

Menyimpan sepatu pada kondisi lembab atau basah bisa menimbulkan jamur pada sepatu. Ada baiknya sepatu lembab atau basah dijemur atau diangin-anginkan terlebih dahulu baru kalian simpan. 

Simpan Sepatu Pada Tempat Yang Benar

Ketika menyimpan sepatu baiknya hindari tempat yang memiliki kelembaban tinggi atau bersuhu rendah. Dikarenakan penempatan tersebut mudah memicu terjadinya jamur serta merusak material pada sepatu kalian.

Beberapa upaya pencegahan diatas bisa menjadikan kita lebih waspada agar sepatu kesayangan kita tidak menjadi sarang jamur. Jadi bagi kalian, upaya ini mungkin bisa membantu kalian menyelesaikan masalah terhadap jamur yang timbul di sepatu kalian.

Postingan terbaru