3 Tips Merawat Sepatu Selama Pandemi Corona

Banyak ahli mempelajari mengenai Corona supaya mengetahui cara menghentikan penyebarannya, sekaligus mencari vaksinnya. Selain aturan untuk rajin mencuci tangan, memperhatikan kebersihan barang yang kita miliki dalam kegiatan sehari-hari juga penting. Termasuk sepatu.

Penelitian ilmiah memang membuktikan bahwa virus Corona dapat hidup di permukaan dalam hitungan jam atau hari, tergantung jenis permukaan. Namun, belum ada studi yang menunjukkan virus corona bisa menyebar ke rumah melalui sepatu. Sepatu dapat mengandung bakteri dan virus, tetapi bukan berarti sepatu merupakan sumber infeksi yang umum. Sebuah penelitian di tahun 2008 yang dilakukan oleh Rockport Shoes menemukan banyak hal kotor, termasuk bakteri feses di sol sepatu. Sebuah penelitian di China menemukan, bahwa di antara petugas layanan kesehatan, separuhnya memiliki virus corona yang terdeteksi pada sepatu mereka.

Jadi apa yang harus dilakukan? Ada tips yang dapat dilakukan untuk memastikan alas kaki bebas kuman, bakteri, atau virus penyebab COVID-19. Berikut tipsnya.

1. Pisahkan sepatu dari bagian dalam rumah

Hal yang paling mudah dilakukan adalah memisahkan sepatu yang sering kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari, bagian bawah sepatu berpotensi sebagai tempat penyebaran kuman dan virus yang menempel. Taruhlah didekat pintu atau tempat tersendiri agar mengisolasi kuman atau virus pada tempat yang disediakan.

2. Gunakan sepatu yang mudah dibersihkan

Sepatu berbahan karet bagus untuk dipakai selama pandemi karena mudah didisinfeksi dengan sabun, air, dan tisu.  

3. Bersihkan sepatu sebelum mendisinfeksi  

Gunakan alat-alat seperti sikat gigi bekas untuk memastikan sepatu bersih sebelum menggunakan alkohol atau zat pembunuh kuman lainnya. Pastikan tangan tidak menyentuh tangan secara langsung. Apabila kamu merasa malas untuk membersihkan sepatu sendiri, dapatkan penawaran menarik dari Shoes and Care untuk merawat sepatu kamu. Untuk menemukan workshop Shoes and Care terdekat di kota kamu dengan mengunjungi shoesandcare.com/lokasi-workshop atau juga hubungi +6287739311899 yang merupakan nomor hotline Shoes and Care untuk mendapatkan penawaran menarik lainnnya. 

Itulah 3 tips yang patut kamu coba untuk merawat dan membersihkan sepatu selama pandemi Corona.

 

Postingan terbaru