3 Tips Merawat Sepatu Kulit dengan Benar

Tips Jitu Merawat Sepatu Kulit - Merawat sepatu terbilang gampang-gampang susah, terlebih jika sepatu yang kamu punya adalah sepatu kulit. Sepatu kulit memiliki treatment tersendiri agar sepatu tersebut menjadi awet. Bagi pria, sepatu kulit merupakan salah satu item yang perlu dimiliki untuk menunjang penampilan agar terkesan gagah. Selain itu, sepatu kulit juga dapat digunakan dalam acara-acara formal. Namun, banyak terjadi sepatu kulit yang rusak akibat dirawat dengan cara yang tidak sesuai. Tahukah kamu proses dari pembersihan, pemberian kondisioner khusus sepatu, penyemiran, dan pemberian gel silika merupakan tahap yang penting. Berikut detail dari ketiga tips tersebut.

1. Pembersihan

Mulailah membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada sepatu, sehingga akan mempermudah pada proses pencucian sepatu jika diperlukan dengan menggunakan sabun khusus sepatu kulit. Bila tali sepatu juga dibersihkan, lepas tali sepatu dan rendam sepatu ke air yang sudah dicampurkan dengan sabun cuci sepatu dengan air hangat. 

2. Pemberian Kondisioner

Gunakan kondisioner sepatu kulit dengan menggunakan kain yang halus untuk menggosok sepatu agar tidak terjadi kerusakan pada sepatu. Kemudian biarkan sepatu terpapar udara, namun jangan biarkan terlalu lama dibawah sinar matahari ya.

3. Penyemiran

Menyemir sepatu kulit setelah kedua proses tersebut merupakan hal yang wajib. Guanakan sikat yang halus agar tidak merusak tekstur dari sepatu. Keringkan sepatu dengan cara membiarkan terkena udara terbuka.

4. Pemberian gel silika

Masukkan gel silika ke dalam sepatu kulit saat kamu akan menyimpannya. Gel silika berfungsi untuk menyerap kelembapan dari udara yang ada di sekitar tempat penyimpanan. Sebab, kondisi udara yang lembap berisiko membuat bahan kulit mudah teroksidasi sehingga memicu tumbulnya jamur, bakteri, dan perubahan warna bahan.

Apakah kamu  suka yang praktis?  Gunakan jasa Shoes and Care, membersihkan sepatu kulit memang lebih rumit dibanding sneaker. Kalau salah teknik justru membuatnya rusak. Makanya, jangan asal coba-coba membersihkan sepatu berbahan kulit. Solusi praktisnya, kamu bisa gunakan jasa shoes and care terdekat di kota kamu atau hubungi via Whatsapp.

 

Postingan terbaru