3 Tips Memilih Raket Badminton yang Bagus

Tips Memilih Raket Badminton yang Bagus  - Bermain bulutangkis atau badminton tidak lepas perlengkapan yang satu ini yaitu raket. Item raket merupakan item wajib dimiliki baik oleh para pecinta badminton hingga seorang atlet profesional. Namun, saat Anda ingin membeli raket badminton untuk berolahraga, ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan, berikut 3 tips memilih raket badminton:

1. Bentuk Frame Raket

Frame raket memiliki dua jenis yaitu berbentuk kotak/isometrik dan berbentuk oval/konvensional. Perbedaannya adalah pada letak pantulannya atau sweet spotnya. Saat ini lebih banyak raket dengan bentuk isometrik karena memberikan pantulan yang lebih baik.

2. Kelenturan Gagang Raket

Sementara itu tingkat kelenturan dari gagang raket juga menjadi pertimbangan, ada tiga jenis dari yaitu medium, stiff dan extra stiff, adapun penjelasannya dibawah ini:

a. Medium (Fleksibel)

Pemindahan sebagian tenaga yang berpusat pada pergelangan tangan. Pemusatan energi untuk tungkai yang fleksibel saat raket diayun memberikan daya tolak lebih besar saat shuttlecock menyentuh raket. Jenis ini sangat baik untuk pertahanan (defensive) atau untuk mengontrol gaya permainan lainnya.

b. Stiff (Limited Flexibility)

Pemindahan tenaga yang memungkinkan dari pergelangan tangan. Tangkai jenis ini sangat dianjurkan untuk teknik permainan bertahan (defensive). Maupn permainan serangan (offensive).

c. Extra Stiff (Minimum Flexibility)

Pemindahan tenaga secara maksimum yang berpusat pada pergelangan tangan. Gerakan tangkai raket yang minimalis memberikan ketepatan yang lebih baik atas penempatan shuttlecock. Raket dengan tangkai jenis ini sangat ideal untuk teknik permainan serangan (offensive) seperti smashing, net kill dan sebagainya.

3. Bobot Raket

Idealnya berat raket badminton adalah memiliki bobot yang ringan, namun tergantung individu yang memakaikan, ada ada bobot atau berat raket yang tersedia di pasaran yang dimulai dari ukuran berikut:

  • U : 95-99 gr
  • 2U: 90-94 gr
  • 3U: 85-89 gr
  • 4U: 80-84 gr
  • 5U: 75-79 gr
  • 6U: 70-74 gr

Raket yang terasa berat saat digenggam atau digerakkan justru akan membatasi rentang gerak lengan Anda, dan bisa menyebabkan cedera di lengan atau bahu jika Anda tidak terbiasa.

Bagaimana sudah tidak bingung untuk membeli raket badminton baru? 

Cuci Sepatu di Shoes and Care

Shoes and Care telah berdiri sejak tahun 2013, dan telah melayani lebih dari 700.000 pair sepatu yang telah dicuci di Shoes and Care.

 

Postingan terbaru