3 Tips Jitu Memilih Sepeda Lipat

Tips Jitu Memilih Sepeda Lipat - Ketika Anda ingin membeli sepeda baru tentunya Anda tidak ingin kecewa saat membelinya terlebih untuk sepeda lipat, sepeda lipat memiliki berbagai macam bentuk dan berat jenisnya. Yang mana perlu Anda perhatikan sesuai dengan rencana aktivitas Anda. Berikut tips memilih sepeda lipat.

1. Carilah Sepeda Lipat yang Nyaman Digunakan

Membeli sepeda lipat memang memiliki banyak faktor untuk dipertimbangkan terutama dari sisi kenyamanan. Sepeda lipat memiliki banyak model dengan tujuan yang berbeda-beda, terlebih jika memilih sepeda lipat perhatikan tempat duduk sepedanya dan disesuaikan dengan kenyaman Anda saat mengayuh sepeda. Disisi lain, Anda perlu mempertimbangkan bannya. Makin kecil bannya, makin enteng pula saat dikayuh. Namun perlu diingat, ban kecil membuat sepeda sulit melaju dengan kencang. Sebaliknya, ban yang besar akan memudahkan sepeda melaju dengan cepat. Meskipun begitu, usaha yang Anda keluarkan untuk mengayuh sepeda pun menjadi lebih besar. Untuk Anda yang menggunakan sepeda lipat pertama kali, pilihlah yang bannya berukuran 16 inci sampai 20 inci. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang mengutamakan kemudahan saat digunakan. 

2. Pilih Berdasarkan Spesifikasi dan Ukurannya

Untuk Anda yang mencari fleksibilitas dalam membawa sepeda lipat, pilihlah yang beratnya kurang dari 10 kg. Namun, jika tujuan Anda agar mudah disimpan atau dibawa dengan mobil, pilihlah sepeda yang beratnya di bawah 15 kg. Menariknya, makin ringan sepedanya, makin kukuh pula rangkanya.  Contohnya, pasti tidak sedikit dari Anda yang menggunakan sepeda untuk bepergian atau jalan-jalan, bukan? Jika iya, pilihlah sepeda yang mudah dimasukkan ke bagasi mobil tanpa harus melepas sadel atau stang kemudinya.  Meskipun memiliki ukuran yang sama saat digunakan, ukuran sepeda saat dilipat akan berbeda-beda tergantung pada cara melipatnya. 

3. Belilah Berdasarkan Dana yang Anda Miliki

Harga setiap jenis dan merk sepeda lipat bisa sangat beragam.  Selain itu, tentukan kisaran harga yang ingin dikeluarkan untuk membeli sepeda. Lakukan survei untuk merk serta harga dari jenis sepeda lipat yang diinginkan. Semakin ringan berat sepeda lipat, harganya cenderung lebih tinggi. Misalnya,  jika Anda ingin sepeda yang beratnya di bawah 10 kg, siapkanlah bujet minimal 5 juta rupiah. Untuk sepeda dengan berat di bawah 15 kg, siapkanlah bujet minimal 3 juta rupiah. Dengan pertimbangan bujet tersebut, pilihlah sepeda yang sekiranya paling ringan di kelasnya.

Demikian tips memilih sepeda lipat. Siap untuk membeli sepeda lipat?

 

Postingan terbaru